mau kenceng, tetep tergantung budget bos...hehehe...
step 1>> ganti knalpot racing (dan pilot jet kalo perlu),roller, per cvt,...(dengan ubahan ini tidak akan menambah top speed, tapi akselerasi bertambah).estimasi biaya :
knalpot:(HRP) kisaran 200rb
(AHM)kisaran 350-400rb
(yy pang) kisaran 250-350 rb
(endurance) kisaran 500-600rb
(DBS) kisaran 1,2-1,4 jt
(TDR) kisaran 800 rb...dsb msh bnyk lg...
*masing-masing knalpot punya spek sendiri..enak di rpm bwh, medium, atau high, atau gabungan diantaranya..
roller: satu buah paling 9rb atu 10 rb..
pakai kombinasi 9gr-11gr, atau 10gr-10,8gr(std)... (yg paling umum utk mtr std), atau terserah anda..tergantung di rpm berapa anda ingin bermain..
per cvt: ada merk lhk,cld,kitaco,barra,dsb...kisaran 80-110rb..
per cvt yang merah untuk 2000rpm,yang putih 1500rpm..
step 2>> papas head 0,5-0,8 mm,noken as racing,per klep racing, koil racing,CDI racing unlimiter...(nah di tahap ini mulai serius karena ada beberapa part std yang kena bubut, dan mesin mulai dibongkar-bongkar..)
Papas head: 0.5-0,8 mm..kisaran paling 25 rb..tergantung
bengkel bubutnya, dan ongkos bongkar head cyllinder
+ skir klep..kisaran 50rb,75rb tergantung bengkel
noken as racing: beragam merk CLD,LHK,KAWAHARA, kisaran harga
sekitar 300rb-450rb..
*masing-masing noken as punya spek sendiri ada
yang korek harian atau kompetisi, dibedakan atas
derajatnya..misal-280drajat,sampe 330 drajat
*jika mengganti noken as dgn yg racing, maka per
klep jg hrs diganti yg lebih keras(racing) untuk
menghindari klep floating pada putaran atas.
merk beragam sama spt diatas..
*tenaga pada mesin 4 tak (4 stroke) yg besar,
berasal dari modifikasi head (utk kompresi), dan
durasi noken as !!
koil racing: ada beberapa merk: XP andrion,blue thunder,nology,
CLD,kitaco,,,dsb harga kisaran 150rb-250rb..
*koil akan bekerja maksimal jika juga dilakukan
perubahan pada CDI.
CDI racing : Ada beberapa merk: XP,black hawk,kitti,shindengen,BRT,
kitaco,rextor,dsb...kisaran 250-1jt..
*beberapa CDI racing ada yang yang bisa diprogram
(programmable), dan ada yang dual band..
*masing-masing CDI tsb mempunyai spek derajat
pengapian yang berbeda..(tanya penjual)
* NOTE: produk yang baik pasti akan menyertakan
spek nya pada kemasan..
step 3>>membesarkan CC alias Bore UP!!!!
ini adalah step yang paling sangat serius walaupun masih dapat digunakan untuk harian.banyak part yang harus diganti untuk mengimbangi besarnya tenaga..dan agar tenaga yang besar tsb dapat maksimal..
banyak merk di pasaran untuk blok bore up:
merk eon (diameter 58,5mm) kisaran 600-750 rb (yg ceramic)
merk RRGS (diameter 58,5) kisaran 700-850 rb
merk posh..(hilang di pasaran)...dsb
jika piston diganti dengan ukuran 58,5 mm maka mio/nouvo akan bengkak menjadi 155cc (dengan stroke std)..
untuk merk RRGS juga terdapat hingga diameter 73mm (kalo ga salah)..tapi yang pasti diatas 58,5 mm maka crankcase harus dibubut...
untuk paket yang lebih murah, jg terdapat piston merk HI-speed dengan uk.69mm ke atas (tanpa blok)..bisa didapat di harapan motor (cineng)kebon jeruk III, atau MC racing..
atau untuk pembesaran hingga 125 cc dapat digunakan piston daytona khusus untuk mio/nouvo.. bisa didapat di daytona ciledug (sebelah raja motor).
setelah pembesaran diameter piston maka selanjutnya adalah pembesaran diameter klep,bisa memakai klep sonic atau shogun atau dapat dibeli paket yang langsung plek beserta head cylinder..
bisa didapat di matic shop ciledug, JP racing, Raja motor ciledug,matic corner cinere,dsb....harga kisaran 1,2-1,8 jt..
jika anda memodifikasi sendiri head cylinder, harap diperhatikan Squish yang diaplikasi...
untuk mengimbangi tenaga yang besar, maka belt harus kuat (kevlar) walau untuk harian belt std jg msh dapat diandalkan. juga rumah roller (variator) harus diganti dgn yg lebih besar (kitaco,RRGS,TDR,...dsb)...
setelah itu adalah penyaluran tenaga yaitu gigi rasio...
penggantian rasio tergantung dengan trek (harian, drag, atau road race)...tapi untuk herian yang kadabg-kadang dipakai berboncengan gigi rasio std nouvo udh lmyn panjang...
kemudian hal yang vital yang harus diganti adalah karburator..
biasanya memakai keihin PE 28,krn harganya lmyn terjangkau...kisaran 450-550rb...dan selanjutnya adalah setting spuyer (main jet-pilot jet)...
modifikasi diatas biasa dilakukan pada motor mio/nouvo...
semuanya tergantung mekanik atau bengkel yang menjadi bidan motor anda...
untuk step 2 dam step 3 yang pasti top speed bertambah tergantung ubahan yang dilakukan dan keberanian anda....
SELAMAT MEMODIFIKASI!!!
Blog Archive
-
▼
2008
(995)
-
▼
July
(116)
- SpeedART Porsche 997 Turbo Tuning – a really letha...
- Goodwood Revival
- honda phanthom
- Yamaha RX KING in activity
- 2010 Chevy Camaro - LIVE from the reveal
- 2010 Chevy Camaro - Official Details and Images
- Lotus unveils the Evora
- HONDA OSM CONSEP
- New KITT Attack Mode revealed at Comic Con
- Ed Peper to ZR1 detractors: "Bring it."
- daftar motor dan mobil yang di butuhkan orang saat...
- Yamaha Mio 2007 (Jakarta)
- Suzuki Smash Revo 2008 - Thailand
- 2008 Yamaha YZF-R6S
- Modifikasi Jupiter Z CW
- Daihatsu Terios, new SUV car which just already re...
- dahaitsu terios
- Suzuki Shogun 125
- HONDA BEAT NEW REALEASE FROM HONDA
- vallentino rosi bike's YAMAHA YZR
- Tokyo's toy town
- S version Toyota yaris
- modifikasi mio from oracle and indo solo
- This BMW X6 M.?
- This BMW X6 M.?
- IIMS:New Coupe Audi A5
- IIMS:New Coupe Audi A5
- VW increasingly serious in USA
- VW increasingly serious in USA
- Opel Zafira
- Opel Zafira
- Tempted Through Ironman Tundra
- Tempted Through Ironman Tundra
- Honda Bought up the IIMS Degree
- Honda Bought up the IIMS Degree
- Super Hatch Volvo C30 R
- Super Hatch Volvo C30 R
- Pajero just emerged in Moscow
- Pajero just emerged in Moscow
- How low can you go?
- UK Subaru Team Victorious at Rally. With the power...
- Mazda at the British International Motorshow
- modifikasi mio biar kenceng larinya
- New 2009 Toyota Matrix
- 2007 Toyota FT-HS Concept
- Toyota Land Cruiser V8 by Delta4x4
- Machine tuning matters
- Audi PS TT by PPI
- Aero Kit for Audi A4 8E B6 RDX RACEDESIGN
- Audi S5 GT Supercharged by MTM
- Audi Q7 Street Rocket by JE Design
- Mazda RX-8 Speed Machine 2007 Falken
- A Sexy MachineCar Tuning
- La Carrera Panamericana Desktop Wallpaper
- Brake Bleeding Tutorial, Tips and Pictures - Bleed...
- Adult Toys - October 2007
- D Series EF Civic and CRX Hydraulic Transmission S...
- Fuel Injector and Resistor Box Basics - Wrenchin'
- Battery Science - Shocked
- Honda Clutch Line Installation - Steel Braided Bling
- whel ofset
- turbochaerged
- piston seting
- (formerly) My Seven
- Dyno Tuning the Super Seven
- yelow body kit
- Rossi takes title lead with second place at soacki...
- Pedrosa ready to test fitness on Friday
- Pedrosa ready to test fitness on Friday
- Rossi makes promising start to American assault
- Puig: `Pedrosa still a doubt for Sunday´
- Car Chase Tech That's Really Hot
- Hokkaido Flash 2004 (Gresik) Mono Wheel
- honda jazz 2009
- cara kerja liquid cool
- Britain's Worst Car
- the good keyword
- Honda cb400 super 4 1994
- Harley davidson -- must see custom bike....
- Honda ATV concept technical illustration
- Suzuki SX4 Zuk Concept
- Audi A1 - Auto Shows in show room
- 2008 Fiat 500 - First Drive Review
- 2007 Mini Cooper - Short Take Road Test
- 2009 Mitsubishi Lancer Sportback – Official Photos...
- 2009 BMW 750i / 750Li / 7-Series – Official Photos...
- 2009 BMW 328i / 328xi / 335d / 335xi / 335i / 3-Se...
- hot car 2009 Lotus Eagle
- 2009 Subaru WRX STI Spec C - Spied on the road
- Mitsubishi Racing Lancer
- New Look Jaguar XK
- Weymouth-based Onus strikes deal with Chrysler group
- An array of automotive attractions
- Monsieur Lom�s Jaguar
- 2009 BMW X3 xDrive: New Special Editions & Minor R...
- 2009 BMW X3 xDrive: New Special Editions & Minor R...
- 2012 Mercedes-Benz CLA: �Baby� CLS Based on the A-...
- 2012 Mercedes-Benz CLA: �Baby� CLS Based on the A-...
- Where we're going, we don't need roads...
- BookRabbit news
-
▼
July
(116)