Pada perkembangan teknologi sepeda motor di Indonesia khususnya di temukan bahwa perkembangannya motor standar keluaran pabrik mengarah pada tingkat efisiensi yang tinggi. Hal itu pulalah yang menyebabkan membuat pabrikan membuat setingan yang “paten” agar settingan pabrik sebisa mingkin tidak berubah terlau banyak setelah motor digunakan oleh para pemakainya. Akan tetepi kenyataanya pemilik motor sendiri ada sebagian mereka yang merasa tidak puas dengan performa sepeda motor ala standar pabrik. Hal ini di dasari beberapa hal, salah satunya karena kebutuhan tiap manusia pada dasarnya sangat berbeda satu sama lain. Contoh nyata salah satunya pada teknologi jarum skep pada karburator sepeda motor. Umumnya jarum skep sepeda motor tipe-tipe terdahulu dapat di setel dengan penambahan alur pada batang ulir jarum skep tersebut. Akan tetapi sangan berbeda pada sepeda motor keluaran terkini. Produsen malah memuatnya tak bisa di stel. Mungkin bagi sebagian orang tak terlalu mempedulikan hal ini. Tapi di lain pihak, ada juga yang kurang puas dengan hal ini. Bagi yang mereka penyuka speed or performance dan punya uang lebih, akan mudah bagi mereka untuk mengganti komponen karburator dengan yang mempunyai spek kompetiosi yang tentunya harganya tak bisa dibilang murah, dan biasanya juga tak bisa instant dan tidak langsung dengan settingan standarnya. Padahal apabila kita kreatif sedikit dan mau repot tak susah kok untuk mengakali hal ini. Khusus para pengguna generasi honda 125cc mulai kirana, karisma sampai supra x 125. bisa mengaplikasi tips ini. Jarum skep yang tidak bisa di stel bisa di modifikasi dengan mengganti satu set terdiri jarum dan pasangannya dari motor bebek honda generasi supra, grand yang masih menggunakan jarum skep tipe alur. Part yang dibutuhkan adalah jarum skep dan pasangannya (needle jet set). Ga harus yang original dan baru, barang kw atau bekas copotan pun masih bidsa dipake ko!!. Kebetulan kalau yang saya telah terapkan di motor saya, dengan menggunakan barang kw yang belinya satu set dengan repair karburator motor grand atau supra 110. Saya belinya murah ko, hanya sekitar 15 rb. Oke apabila sudah ada partnya lanjutkan dengn melepaskan karburator dari dudukannya. Setelah lepas, lepaskan juga skep dari pengaitnya. Kemudia lepas pengunci jarum skepnya dengan menggunakan obeng plis kecil. Tekan kemudian putar. Setelah di buka copot jarum skep lama gantikan dengan part pengganati. Jangan lupa klip penguncinya di pasang. Untuk posisi klip pengunci bisa di pasang di tengah dulu, kemudian pasang pengunci jarum skep yang ada di repair karburator yang di beli tadi. Perlu di ketahui posisi klip tergantung dari settingan nantinya dan posisi yang disarankan bisa berbeda tergantung dengan kebutuhan mesin. Kemudian rakit kembali skep kebalikan seperti saat membongkarnhya. Sampai disini selesai?? Oh belum.. kan pasangannya belum di pasang. Kalo ga di pasang ntar lubangnya terlau kegedean. Bongkar mangkuk karburator untuk memasang pasangan jarum skep. Buka kedua baut pengikat mangkuk dengan obeng plus. Setelah itu akan kelihatan dudukan mainjet. Buka dudukan main jet dengan tang jepit biar simple. Kemudian dorong dari arah skep untuk mengeluarkan pasangan jarum skep lama. Gunakan pensil atau batang yang terbuat bukan dari metal biar tidak tergores. Kemudian pasang pasangan jarum skep yang baru awas janga terbalkik, yang lubang stepnya mengarah ke jarum skep bukan ke arah main-jet. Simpan part tersebut dengan jarum skep asli biar ga hilang bila sewaktu2 di perlukan ga hilang. Kemudian pasang kembali dudukan mainjet dan pasang mangkuk karburator kebalikan dari proses bongkarnya. Kemudian pasang skep karbu. Dan pasang kembali karbu ke dudukannnya. Rangkai kembali slang bensin. Selesai, kemudian hidupkan mesin. Bawa jalan dulu motor, kemudian buka busi, bila putuh berarti skep terlalu atas=irit. Atau sebaliknya. Sesuaikan dengan settingan motor anda. Dan bila telah didapat settingan yang pas, busi harus berwarna kecoklatan. Perbedaan karakteristik yang telah saya rasakan, terutama pada putaran menengah atas. Kalau pake yang ori, tengahnya tuh seperti kosong kemudian atas baru ada lagi. Tapi pake tips ini tengah sampai atasnya cepet banget naiknya. Adapun perubah ini tak menjadikan motor anda jadi boros2 amat ko. Semuanya balik lagi ke settingan. Daripada pake yang ori dipake gebernya kurang enak. Coba deh..kalo dah ntar pasti ketagihan.. __________________ visit thread gw: tentang gear nge tune karisma tentang setting karburator tentang ganti jarum skep karbu kaki gw Mio lebih boros dari RX-King wajarkah? | |
|
Modifikasi Jarum Skep Sepeda Motor Honda 125 Cc
Blog Archive
-
▼
2009
(1447)
-
▼
September
(70)
- New Matic Scooter Kawasaki Epsilon pictures Black ...
- Fair & square battle for Thai duo
- Round 4 SuperSports 600cc review
- New Honda Unicorn 2010 image
- Street HONDA
- Macane Clumprit
- Yamaha Mio 2009?
- MODIF SEKALIAN Otak-atik Body Custom Jupiter MX
- YAMAHA X1R VERSUS KAWASAKI FURY CONTEST
- MODIFIKASI YAMAHA MIO STREETFIGHTER 2009
- HONDA BEAT LOW RIDER MODIFICATION 2009
- Gambar motor balap
- Tachometer: Smart Tool Buat Yang Suka Tarik-tarikan
- Modifikasi Jarum Skep Sepeda Motor Honda 125 Cc
- Modifikasi SEPEDA MOTOR
- database spesifikasi motor standard
- efisiensi pembakaran mesin
- Efisiensi Volumetrik
- Harley Davidson in R.A.T
- BORE MY PULSI UP
- EFEK DARI VALVE LIFT PADA EFISIENSI MESIN
- ENGINE TUNING YAMAHA SCORPIO
- KOREK MESIN MOTORNYA LELAKI
- SETING KARBURATOR BALAP
- HEAD HONDA TIGER KLEP GEDE
- KOREK MESIN TIGER SEMI RACE
- TUNING YAMAHA JUPITER Z DRAG 115 CC
- BORE-UP Kit Yamaha Jupiter MX 150 CC
- R.A.T -Racing Automotive Tuning-
- MX Mntokz
- HONDA SUPRA LOW RIDER…the most request, PLUS VIDEO
- DESAIN MODIFIKASI NEW TIGER REVO
- TARUNG HONDA CS-1 VS SUZUKI SATRIA FU
- Desain NEW YAMAHA JUPITER Z RACING LOOK
- MATIC DRAG LOOK
- YAMAHA JUPITER MX “FIGHTER” LOW RIDER
- Ramuan Langkah Piston
- DRAGSTER BALI ngebut pake bahan bakar gas..gileee!!!
- 1 Liter = 266 Km
- RACING PART
- KOREK HARIAN MOTOR SUZUKI SHOGUN / SMASH
- KOREK HARIAN YAMAHA JUPITER Z 130cc
- Yamaha Mio "Rp40 juta" Juara Kontes Modif di Bali
- PAKET KOHAR MIO
- Komunitas Honda Tiger Indonesia
- Modifikasi Honda Tiger
- Rangka Dan Sistem Mekanis
- Sistem Kelistrikan Pada Honda Tiger
- Produk Baru
- Macam-macam Cylinder
- MENGENALI CARA KERJA MESIN 4 TAK
- ENGINE BLUEPRINTING
- 2 STROKE POWER TUNE… BEGINNING
- KARBURATOR KEIHIN :: SUDCO
- Mengerjakan Kepala Silinder / Cylinder Head / Dexel
- The Ignition System
- EFEK DARI MERUBAH DERAJAT NOKEN AS DAN LSA
- Transmisi Close Ratio
- Karburator Racing
- Gambar Modifikasi Motor yamaha Jupiter ZZ from Jup...
- Modifikasi Suzuki GSR 250 cc 2010 Picture
- MODIFIED FIAT 500 AFART
- HYUNDAI IX35 2010 CONCEPS
- CITROEN DS3 2010 SPECIFICATION
- BMW M6 LIMITED EDITON
- TESLA ROADTER SPORT CAR CONCEPS
- MERCEDES S60 PICTURES
- Nissan Coupe - Gaya Retro 90an
- Gambar Foto Modifikasi Motor Cilik (Mocil) Batam K...
- 2009 Suzuki Hayabusa 1.340 cc Motorcycles Modifica...
-
▼
September
(70)